Ever feeling Deja Vu?

Pernah merasa deja vu nggak teman-teman?
Kenapa saya menyebutkannya, karena saya sepertinya merasakan hal tersebut kemarin malam. Saya ada di suatu tempat yang saya merasa kejadian simple itu sepertinya pernah saya rasakan sebelumnya. Wooahh, rasanya aneh banget. Persis seperti yang pernah saya rasakan sebelumnya, tapi lebih aneh lagi saya tidak sadar kapan itu terjadi.
Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket
Bener nggak sih fenomena dejavu itu ada?
Ini bahasan yang saya temukan di Wikipedia. Kata Wikipedia arti kata Deja vu adalah already seen alias sudah pernah terlihat dalam bahasa Perancis.
Sebenarnya ketika orang mengatakan tentang Deja Vu, sebenarnya yang mereka alami itu sebuah Deja Vecu. Survey yang telah dilakukan menjelaskan bahwa 70% dari sebuah populasi telah mengalaminya, biasanya sih antara umur 15 sampai 25 tahun, umur-umur disaat pikiran kita masih dalam masa adaptasi dengan lingkungan.
Biasanya sih kejadiannya berhubungan dengan kejadian biasa, seperti yang saya katakan sebelumnya simple moment. Tapi hal tersebut kita ingat malah mungkin setelah bertahun-tahun setelahnya.
Déjà vécu itu artinya sesuatu yang kita lihat lebih dari satu kali, yang sering dikatakan orang sebagai “déjà vu”. Sebenarnya tidak terlalu akurat sih. Arti sebenarnya perasaan tersebut berhubungan dengan banyak hal yang sangat detail, merasakan semua hal itu seperti yang pernah dirasakan sebelumnya, atau pemikiran aneh atas apa yang akan kita obrolin atau yang akan terjadi selanjutnya.
Biasanya juga, déjà vécu telah menjadi tolok ukur untuk menggambarkan perasaan yang sangat kuat dan tepat dari tipe deja vu, yang mungkin berarti kerusakan pada otak.
Wah kalimat terakhir membuat saya merinding. Apa iya ada kerusakan pada otak saya?

Hint: See Grounhog Day Movie, kalau ingin tau apa yang dimaksud dengan Deja Vu.

Ever feeling Deja Vu?”에 대한 1개의 응답

  1. terima kasih pencerahannya, soalnya saya juga pernah posting ttg deja vu

답글 남기기

