A Touch Of Spice

A Touch of Spice, ‘Sentuhan dalam bumbu masak’ kalau dibahasa Indonesia-kan (Balik lagi ke bahasan makanan dong? Enggak kok ini cuma judul film … jangan kira saya mengingkari janji diet saya , hehehe) Judulnya menarik ya? Makanya saya akhirnya tertarik juga mengambil VCD film ini di jajaran rak Collection dalam persewaan VCD dekat rumah saya tadi siang. Dan setelah saya menontonnya, hmmm … Greece abis. Anyway busway, nih judul asli dalam bahasa Yunani-nya adalah Politiki Kouzina dan bahasa Spanyolnya, Un toque de Canella (Kali aja nggak nemu yang versi bahasa Inggris).
Setelah Toula dengan My Big Fat Greek Wedding-nya dan sedikit sentuhan Yunani dengan tokoh Lena dalam Sisterhood Travelling, film ini menampilkan kekhasan dari film Yunani.
Apa itu? Ya, balik lagi MAKANAN.
Film ini basicly bercerita tentang bumbu masak yang bisa diartikan secara universal.
Tokoh sentral-nya adalah Fanis, seorang dosen astronomi Yunani yang akan kedatangan tamu spesial yaitu kakek kandungnya sendiri, yang rencananya akan datang dari Turki.
Setelah ditunggu selama beberapa saat, kakek kesayangan yang ditunggu-tunggunya itu tidak juga datang. Sampai akhirnya sebuah telefon terdengar, kakeknya tidak dapat datang karena tiba-tiba ia collapse di bandara, tanpa diketahui kenapa.
Setelah itu, cerita beralur flashback, setiap segmen cerita diberi judul Hidangan Pembuka (Appetizer), Hidangan Utama (Main Course), dan Hidangan Penutup (Dessert).
Dalam segmen-segmen tersebut diceritakanlah bagaimana Fanis kecil saat masih bersama kakeknya yang memiliki toko bumbu masak. Di sana Fanis belajar untuk mengetahui bumbu rahasia dalam masakan-masakan Yunani; dan persamaan bumbu masak, Astronomi dan kehidupan (Ini pelajaran yang cukup menarik loh).
Lalu beralih di saat ia jatuh cinta dengan seorang gadis bernama Saime (yang bener deh cantik banget), dan gara-gara cintanya sama tuh cewek, barang pemberiannya yang berupa mainan masak-masakan (huehue, jadi inget jaman TK dulu) dibawa Fanis kemana-mana terus.
Namun tiba-tiba nasib membawa keluarganya – kecuali kakeknya – harus dideportasi dari Istanbul,Turki kota tercintanya untuk pindah ke Yunani.
Fanis terpisah dari kakeknya dan juga cinta pertamanya, Saime.
Cerita beralih ke Yunani, dimana Fanis dianggap nggak waras gara-gara dia pinter banget masak di umurnya yang baru 7 tahun, dimana ia tidak bisa melupakan cintanya pada Saime, dimana Fanis remaja (yang rada mirip dengan Jake Gyllenhall) beralih menjadi seorang koki dan beralih menjadi cowok dewasa, dimana setiap Kakeknya berjanji datang ke Yunani dirinya tidak datang juga.
Ect … ect … ect…


Sampai endingnya di segmen Hidangan Penutup akhirnya terbuka mengapa Sang Kakek tidak pernah datang ke Yunani dan dimana Fanis dewasa akhirnya bertemu dengan cinta pertamanya, Saime versi dewasa (yang cantiknya masih sama loh) yang telah menikah dan memiliki putri secatik Saime. Kalau ingin tahu bagaimana ending jelasnya, nonton sendiri ya?

Okay, pendapat saya? Film ini cantik, keren, lucu, dan sedih juga. Cuma, kok ya endingnya gak membahagiakan, hikz hikz, gambarnya sedikit bluring dan efek visualnya rada payah.
Tapi dari sedikit kekurangan-kekurangan itu teteup nih film layak ditonton.
Sip ??

A Touch Of Spice”에 대한 5개의 응답

  1. Ada hubungannya dgn makanan ya ? Wah, gw banget tuh.. thx ya reviewnya, nanti aku cari versi dvdnya deh🙂

  2. a touch of spice…
    pertama denger film ini dari siaran radio Prambors.
    terus denger dari (mantan) pacar temen saya, yang suka banget ama dunia masak-memasak.
    sampe sekarang sebenernya saya belum liat ni film. tapi kayaknya menarik juga sih (terutama didorong keinginan yang kuat ngeliat segimana cantiknya si saime ^_^)

  3. keknya harus nonton nih,

    culinary – romantic – sad ending

    kombinasi yang menarik …

  4. mahma mahendra

    lagi-lagi makanan… .
    *kabur…*

  5. Si Jagoan Makan

    aduh aku jadi penasaran. Fenty boleh pinjem ngga? *ngareppp

답글 남기기

아래 항목을 채우거나 오른쪽 아이콘 중 하나를 클릭하여 로그 인 하세요:

WordPress.com 로고

WordPress.com의 계정을 사용하여 댓글을 남깁니다. 로그아웃 / 변경 )

Twitter 사진

Twitter의 계정을 사용하여 댓글을 남깁니다. 로그아웃 / 변경 )

Facebook 사진

Facebook의 계정을 사용하여 댓글을 남깁니다. 로그아웃 / 변경 )

Google+ photo

Google+의 계정을 사용하여 댓글을 남깁니다. 로그아웃 / 변경 )

%s에 연결하는 중